iklll

Sunday, October 16, 2011

Timnas U-23 vs Persiba Bantul = 3-2 , Tibo 2 Gol

Tampil kurang menggigit di babak pertama, timnas U-23 tampil menggila di babak kedua. Hasilnya, mereka sukses menumbangkan Persiba Bantul 3-2.

Timnas U-23 yang diproyeksikan untuk ajang SEA Games menggelar pertandingan persahabatan kontra Persiba Bantul yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (16/10/2011) malam WIB.


Di awal pertandingan, Persiba Bantul justru lebih banyak menekan barisan pertahanan timnas. Mereka mendominasi lapangan tengah dan mengkombinasikan serangan dari sayap kiri dan kanan. Beberapa kali pemain depan mereka menusuk ke kotak penalti, namun gagal menggetarkan gawang timnas U-23 yang dijaga Andritany Ardiyasa. Peluang terbaik Persiba Bantul terjadi di menit ke-25, ketika pemain depan mereka, Cristori Emanuel, menanduk bola. Sayang, bola terlalu lebar ke sisi kiri luar gawang. Serangan yang dibangun timnas sendiri kurang greget. Lima menit pertama, Yongki Aribowo mencoba menusuk langsung ke gawang Persiba Bantul yang dijaga Wahyu Tri Nugroho. Namun langkah Yogki dihentikan hakim garis karena penyerang Persisam ini terjebak off side. Serangan-serangan timnas selanjutnya mudah terbaca lawan. Serangan kerap kandas sebelum bola sampai di luar kotak penalti. Baru di pertengahan babak pertama timnas mulai keluar dari tekanan para pemain Persiba Bantul dengan melepaskan beberapa tendangan spekulasi. Patrick Wanggai, misalnya, mencoba peruntungan dengan melepaskan bola keras dari luar kotak penalty di menit ke-26. Namun bola terlalu jauh melebar ke sisi kiri gawang lawan. Dua menit kemudian giliran Joko Sasongko yang melepas tendangan setelah mendapat umpan dari Ramdani, namun tendangan kerasnya berhasil ditepis penjaga gawang. Pada menit ke-36 giliran Yongki nyaris memecah kebuntuan. Tapi sayang, langkahnya dihadang kiper sebelum bola sempat disepak. Peluang emas timnas justru baru tercipta di menit akhir ketika tendangan Ramdani yang memanfaatkan umpan Hasim Kipuw membentur tiang atas gawang.

Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Timnas U-23 tampil menggila di babak kedua. Andik Firmanysah dan Titus Bonai dimasukkan oleh pelatih Rahmad Darmawan untuk menambah gaya gedor timnas.

Strategi itu terbukti sukses.Kecepatan Andik dan kemampuan individu Tibo beberapa kali menyulitkan barisan pertahanan Persiba.

Andik langsung membawa timnas unggul di menit ke-51. melakukan solo run dari tengah lapangan, dengan tenang Andik kemudian melepas tendangan melengkung ke pojok kiri gawang Persiba. Timnas sementara unggul satu gol atas Persiba.

Tiga menit berselang, ganti Tibo yang mencetak gol bagi timnas U-23. Titus Bonai yang mendapatkan umpan terobosan melakukan gerakan memutar dan mengecoh Wahyu Wijiastanto.

Dengan tenang, pemain berdarah Papua itu kemudian melepas tendangan mendatar ke pojok kanan gawang Persiba. Timnas kini unggul dua gol atas Persiba.

Persiba mampu memperkecil ketertinggalannya di menit ke-73.Kesalahan komunikasi di lini pertahanan timnas dimanfaatkan Ezequiel Gonzales untuk melepas umpan silang.

Cornelius Kaimu yang berdiri bebas tanpa pengawalan di depan gawang timnas U-23 dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang. Kedudukan berubah menjadi 2-1, tetap bagi keunggulan timnas.

Namun, gol itu segera dibalas oleh Titus Bonai. Pemain berdarah Papua itu sukses mencetak gol keduanya di pertandingan ini dan membawa timnas unggul jauh 3-1.

Berawal dari sebuah skema serangan balik, Lucas Mandowen melepas umpan terobosan ke Titus Bonai. Tibo kemudian melakukan solo run dari tengah lapangan dan dengan tenang menaklukkan kiper Wahyu Tri Nugroho. Kedudukan berubah menjadi 3-1 bagi keunggulan timnas.

Catatan peting di kubu timnas U-23. Andik Firmanysah tampil sangat baik dalam membangun serangan maupun membongkar pertahanan Persiba.

Persiba mampu memperkecil ketertinggalannay menjadi 3-2 beberapa detik sebelum laga usai. Tandukan Cristori Emanuel memanfaatkan sepak pojok menembus jala Andritany.

Hingga pertandingan usai, keunggulan 3-2 timnas tetap tak berubah.

No comments:

Post a Comment