iklll

Friday, October 14, 2011

Laga Perdana untuk Menghindari Sanksi AFCLaga Perdana untuk Menghindari Sanksi AFC

BANDUNG - Penantian panjang kompetisi Liga Indonesia dalam kurun waktu empat bulan jeda akhirnya sudah di depan mata. PT Liga Prima Indonesia selaku penyelenggara Kompetisi Indonesia Primer League (IPL) 2011/2012 secara resmi membuka pertandingan perdana, Sabtu (15/10).

Adalah Persib yang mendapat kesempatan tersebut dengan menjamu Semen Padang. Bertindak sebagai tuan rumah, Persib Bandung terakhir kali bermain di Stadion Si Jalak Harupat saat menghadapi Deltras Sidoarjo, 19 Juni silam.

Praktis, ada jeda waktu kompetisi selama empat bulan. Waktu yang terbilang cukup lama setelah organisasi sepak bola tertinggi di tanah air PSSI mengalami periode karut marut.

“Sesuai dengan arahan tim pengelola Liga Prima, besok (hari ini) adalah pertandingan resmi. Kita tidak mengenal pertandingan persahabatan,” ucap Sekretaris Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan Persib Budhi Bram di kantor PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), tadi malam.

Ditemui di tempat yang sama, perwakilan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Subran Maniam menjelaskan, pertandingan hanya digelar sekali saja. Baru pada 29 November atau selesai penyelenggaraan SEA Games 2011 kompetisi IPL bergulir kembali.

“Tidak ada karena alasan statuta FIFA atau yang lain. Pertandingan digelar untuk menghindari sanksi dari AFC,” tegasnya usai mengadakan technical meeting di PT PBB.

Jika pertandingan tidak digelar pada hari ini, maka kemungkinan PSSI mendapatkan sanksi dari AFC. Namun dia tidak menjelaskan lebih lanjut sanksi apakah yang akan dikenakan. “Yang jelas, hanya digelar satu pertandingan saja di Bandung. Ini dilakukan untuk menghindari sanksi,“ serunya.

Sementara itu pengawas pertandingan Ngadiman Asri menguraikan, sebelum pertandingan nanti akan dibuka dengan acara seremoni. RCTI yang mendapat jatah hak siar akan menayangkan siaran langsung laga perdana yang dipimpin wasit Retu Slamet asal Surabaya.

“MNC sudah resmi jadi media partner Liga Prima. Seremoni dimulai pukul 14.30 WIB,” tambahnya. Laga Persib jumpa Semen Padang pukul 15.30 WIB ini akan menurunklan 1350 personil yang terdiri dari TNI, Polri dan lainnya.

No comments:

Post a Comment