iklll

Sunday, October 16, 2011

Lawan Persiba, RD Ingin Perbaikan Lini Depan Timnas U-23

 Tim nasional Indonesia U-23, kembali memiliki kesempatan untuk beruji coba guna mengukur sejauh mana pencapaian selama latihan sebelum berlaga di SEA Games XXVI, Jakarta dan Palembang, 11-22 November 2011.

Kali ini, yang menjadi lawannya Persiba Bantul, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (16/10).

Sultan Agung- julukan Persiba Bantul- dipilih sebagai calon lawan karena Pelita Jaya FC yang semula akan menjadi lawannya, batal terlaksana. Praktis, Persiba menjadi lawan kesebelas bagi timnas U-23 selama menjajal kemampuan.

Dari sepuluh laga uji coba yang telah dijalani, skuad asuhan Rahmad 'RD' Darmawan, bisa dibilang cukup mendapatkan hasil yang memuaskan. Hasilnya, timnas Garuda Muda mampu mengantongi tujuh kemenangan, dua kali imbang, dan satu kali menelan kekalahan.

Adapun kemenangan teranyar yang mampu diraih timnas Garuda Muda adalah saat menundukkan Persikabo Kabupaten Bogor, 2-0, di SUGBK, Kamis (13/10) lalu. Dimana, gol kemenangan timnas U-23, masing-masing dicetak Oktovianus 'Okto' Maniani dan Johan Juansyah.

"Saat bertemu Persikabo, kami masih kurang tajam di lini depan. Walaupun memang ada banyak peluang yang kami dapatkan. Untuk itulah, dalam laga ini akan kami maksimalkan beberapa evaluasi. Seperti pemain yang ada di depan, mereka harus bisa melepaskan diri dari lawan dan berani pegang bola," ungkap RD, Sabtu (15/10).

Adanya beberapa pemain yang baru bergabung memperkuat timnas U-23, memang membuat mantan pelatih Persija Jakarta dan Persipura Jayapura tersebut harus kembali meramu skuad yang ada. Kondisi tersebut, demi mendapatkan komposisi 23 pemain utama nantinya.

Beberapa punggawa baru memang mulai berdatangan. Selain bergabungnya trio Papua seperti Lukas MandowenTitus Bonai, dan Stevie Bonsapia, amunisi Garuda Muda bertambah dengan masuknya Ferdinand Alfred SinagaZulham ZamrunYongki Ariwibowo yang sebelumnya dipanggil Wim Rijsbergen untuk memperkuat timnas senior di Pra-Piala Dunia (PPD) 2014.

Dengan adanya pemain tambahan dan pemain yang baru kembali bergabung, RD memang dipaksa untuk berpikir ulang demi menyatukan semua komposisi pemain yang dimilikinya saat ini. Apalagi, waktu yang dimiliki RD semakin sedikit. Pasalnya, cabang olahraga sepak bola dijadwalkan pada 3 November mendatang.

"Seperti yang sempat saya katakan, tinggal keberanian pemain yang perlu diasah. Pemain dari lini kedua, juga harus berani melakukan passing dan memberikan dukungan kepada para pemain depan. Sebenarnya sudah banyak kemajuan dan itu pasti akan kami terus pertahankan," papar RD.

No comments:

Post a Comment