iklll

Wednesday, October 19, 2011

RD Tak Khawatir Lawan Kuat

Niat Indonesia untuk meraih emas di SEA Games XVII mendatang bukanlah hal mudah meski bermain di kandang. Juara bertahan Malaysia dan Raksasa ASEAN Thailand siap menghadang mimpi tuan rumah.

Thailand dan Malaysia adalah dua negara yang mendominasi beberapa SEA Games belakangan ini. Namun hal itu berbanding terbalik dengan Indonesia, yang hanya bisa merasakan dikalungkan medali emas pada tahun 1987 dan 1991.

Walaupun secara statistik tidak menguntungkan "Garuda Muda" dan diapit oleh dua tim kuat itu, pelatih kepala Rahmad Darmawan tetap percaya diri menghadapi drawing fase grup Rabu siang (19/10/2011).

"Kita berharap tentu mendapatkan satu grup yang ideal untuk kita," ucap RD usai sesi latihan Selasa sore (18/10/2011) didepan wartawan.

"Ideal artinya walaupun ketemu lawan yang berat juga engga apa-apa, yang penting lolos," papar pelatih yang selalu memakai topi itu.

Ketika ditanya siapakah lawan yang menurutnya berat, pelatih yang berasal dari Metro Lampung itu menegaskan sudah sulit untuk memaparkan peta kekuatan ASEAN saat ini, apalagi dalam kelompok umur U-23.

"Menurut saya saat ini semua lawan sulit karena tidak bisa ditebak atau mengatakan siapa yang lebih kuat. Saat ini kekuatannya semua merata. Tahun lalu semua orang mengatakan kita dapat grup yang mudah karena lawannya ringan, tapi malahan kita kalah lawan laos," jawab RD.

"Sekarang dalam sepakbola asia tenggara apalagi dalam kelompok umur yang dibatasi, itu sangat unpredictable (tidak bisa ditebak)," sambung pelatih yang menukangi Persija Jakarta musim lalu.

Dan demi memantau perkembangan tim lawan, RD pun mengutus asisten pelatih Widodo Cahyono Putro untuk memata-matai calon lawan kuat Vietnam.

"Coach widodo kita utus memantau VFF Son Ha Cup di Vietnam, tadi pagi berangkat dengan manajer tim (Roso Daras)," imbuhnya.

Di SEA Games November mendatang, Indonesia akan dihadang oleh 10 negara yang akan dibagi kedalam dua pool. Pertandingan cabang sepakbola SEA Games XXVI akan dilangsungkan di Jakarta, di dua tempat yaitudi Stadion Lebak Bulus dan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Babak penyisihan sepakbola akan dimulai tanggal 3 November bertempat di Stadion Lebak Bulus dan penyisihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno dilangsungkan tanggal 7 November.

Babak Final Cabang Sepakbola dilangsungkan tanggal 21 November 2011 bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Thailand selalu meraih medali emas sejak SEA Games tahun 1993 sampai 2007. Lalu dominasi negeri "Gajah Putih" itu akhirnya dipatahkan oleh Malaysia tahun 2009 lalu di Vienthien.

No comments:

Post a Comment