iklll

Monday, October 17, 2011

Jadwal Batal, Digeser Setelah SEA Games

Setelah dilakukan kick off pada 15 Oktober kemarin, kompetisi Indoensian Premier League  (IPL) langsung off lebih dari satu bulan. Lanjutan kompetisi rencananya baru akan diakukan pada 20 November merndatang.  Padahal awalnya PT Liga Primer Indonesia Sportindo (LPIS), pengelola kompetisi professional Indonesia,  merencanakan akan ada empat pertandingan lagi setelah kick off yang mempertemukan Persib Bandung melawan Semen Padang.

Dihubungi tadi malam, CEO PT LPIS Widjajanto menyatakan pihaknya memang sengaja hanya menggelar satu pertandingan saja setelah minta izin kepada AFC selaku federasi sepak bola Asia saat managers meeting di Hotel Ambhara Jakarta Kamis lalu (13/10).

"Setelah dilakukan negosiasi AFC memberi izin. Satu laga cukup untuk menunjukkan bahwa kita bisa gelar kompetisi sebagai persyaratan ikut atau tidak dalam Asia Champions League (ACL)," kata Widjajanto.  "Nanti empat pertandingan yang tidak jadi dilaksanakan pada Oktober akan digeser pada 26 November setelah SEA Games," sambungnya.

Menurut Widja, sapaan akrab Widjajanto, pertimbangan hanya gelar satu laga juga untuk menjawab jeritan klub. Dimana mereka banyak yang tidak sanggup melaksanakan kompetisi pada Oktober. Salah satu klub yang menyatakan keberatan diputarnya kompetisi adalah Persipura Jayapura. Bahkan, Persipura kirimkan surat resmi.

Widja mengklaim, kebijakan hanya memutar satu pertandingan saja pada Oktober juga telah diumumkan kepada managers meeting yang akhirnya berakhir deadlock itu.

Dikonfrimasi terpisah, Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago mengungkapkan jika klubnya berkirim surat ke PSSI bukan karena tidak siap berkompetisi. Melainkan, Persipura menolak bertanding melawan Persiba Balikpapan di laga kedua IPL karena belum ada regulasi yang mengatur kompetisi kasta tertinggi ini. Demikian juga dengan apa yang diperebutkan dalam kompetisi ini.

"Kompetisi ini mewarkan apa kepada tim juara saja belum jelas. Hadiahnya berapa dan kemana setelah juara. Apakah ke ACL atau AFC Cup," kata Jacksen. "Klub juga belum menerima panduan untuk mengontrak pemain begitu juga dengan pengesahan pemain belum ada. Sementara kami biasa main di kompetisi resmi dan jenjangnya jelas," bebernya.

Direktur Teknik PT Sriwijaya Optimis Mandiri Hendri Zainuddin mengaku tidak pernah mendapatkan pengumuman dari PT LPIS untuk pembatalan empat pertandingan yang rencananya digelar pada Oktober. Baik itu di managers meeting atau secara surat resmi dari PT LPIS. Karena itu, dia juga bertanya-tanya kenapa PT LPIS tidak jadi menggulirkan pertandingan selanjutnya.

"Bohong itu. Tidak ada pemberitahuan atau pengumuman dari PSSI atau PT LPIS untuk pembatalan pertandingan. Kalau alasannya tim tidak siap, Sriwijaya FC malah siap 100 persen untuk main di awal kompetisi. Tapi kami malah dikasih jadwal setelah SEA Games," tegas Hendri.

Racangan Jadwal IPL
15/10- Persib v Semen Padang
16/10- Persiba Bantul v Persipura
17/10- Deltras v Persema
19/10- Persib v Persipura
22/10- Persisam v Persiba Balikpapan

No comments:

Post a Comment