iklll

Friday, January 27, 2012

PERSEBAYA VS PERSIBA BANTUL : PERTARUNGAN PARA GELANDANG

Persebaya Surabaya siap tancap gas demi mempertahankan rentetan hasil terbaiknya. Dalam lanjutan kompetisi Indonesian Premier League (IPL) tim berjuluk  Green Force ini akan kembali diuji ketangguhannya sore nanti (28/1) melawan Persiba Bantul di Gelora 10 Nopember Surabaya. (siaran langsung MNC TV, 15.30 WIB).

Erol Iba dkk dalam konfidensi tinggi menghadapi laga nanti. Itu karena mereka punya modal apik dalam empat laga terakhir, termasuk dua pertandingan persahabatan lawan tim Malaysia Kelantan FA. Mereka belum terkalahkan. Hasil negatif terakhir yang diterima Persebaya ketika ditekuk tim tamu Semen Padang 0-1 pada 11 Desember lalu.

Nah, duel seru bakal terjadi sore nanti. Pertempuran sengit akan diprediksi berlangsung di sektor kedua alias posisi gelandang. Hal itu dilihat dari deretan nama gelandang yang dimiliki kedua tim kekuatannya hampir berimbang.

Di kubu Persebaya nama trio Andik Vermansyah-Taufiq-Rendi Irwan yang pasti akan menjadi tulang punggung tim. Andik dan Rendi fokus dalam mengkordinasi lini penyerangan. Sedang Taufiq akan menjadi mata rantai lini belakang dan tengah. Posisi yang sama saat Persebaya menang atas Persija Jakarta Senin (16/1) lalu.

Keuntungan lain yang dimiliki Persebaya adalah pulihnya beberapa penggawa sentral tim kebanggaan arek-arek Suroboyo itu. Otavio Dutra, Mario Karlovic, dan Alexandre da Silva Mariano alias Amaral sudah fit dan menyatakan siap tampil dalam pertandingan keenam Persebaya.

Lantas di kubu Persiba, trio Busari-Slamet Nurcahyo-Ezequeil Gonzales juga patut diwaspadai lini pertahanan Persebaya. Eze-sapaan akrab Ezequeil Gonzales- kini berposisi playmaker harus diawasi pergerakannya.

Meski belum mencetak gol bagi Persiba, pemain asal Argentina itu memiliki naluri tajam untuk mengoyak gawang lawan. Bagi Eze ini adalah musim keenamnya bersama Persiba. Selama enam musim, Eze menyumbangkan 54 gol.

Kekuatan inti Laskar Sultan Agung--julukan Persiba--tereduksi dengan tak hadirnya dua pemain. Carlos Eduardo yang berposisi sebagai stopper dipastikan absen gara-gara belum membaik dari cedera pada pangkal paha kanan. Sedang Arwin, sang gelandang bertahan, tak dibawa karena menerima kartu merah pada laga lawan Persija pada Sabtu (21/1) lalu.

Sedangkan untuk lini penyerangan, bomber utama kedua tim sama-sama belum tampil menggigit. Andrew Barisic yang digadang-gadang tampil tajam musim ini, baru menorehkan dua gol dalam empat pertandingan yang dijalani bersama Persebaya. Di pihak Persiba, Emmanuel Cristori baru mencatatkan sebiji gol dalam lima penampilannya. 

Menjelang laga sore nanti, pelatih Persebaya Divaldo optimistis timnya akan meneruskan tren positifnya. "Kami dalam kondisi yang lebih baik dibandingkan laga-laga sebelumnya. Apalagi ini main di kandang, pastinya kemenangan akan menjadi target kami," kata Divaldo kemarin (27/1).

Kondisi tim yang prima tersebut tentunya jangan sampai membuat Divaldo lupa daratan. Patut menjadi catatan ketika cuaca tak bersahabat dan hujan deras mengguyur lapangan, Persebaya gagal memainkan bola-bola pendek dan cepat. Hal tersebut terjadi saat Persebaya takluk dari Semen Padang.

"Pokoknya yang kami janjikan adalah kami akan siap tampil maksimal demi papan atas," ucap Divaldo. Ya, jika memenangi laga lawan Persiba, Persebaya akan naik ke posisi kedua klasemen sementara serta membayangi Semen Padang di puncak.

Di sisi lain, pelatih kawakan Persiba M.Basri juga tak mau menyerah begitu saja. "Sejelek apapun permainan tim, akan tetap diangggap sukses kalau menang. Kami tentunya menginginkan itu," kata Basri kemarin. Mantan pelatih Niac Mitra, PSM, Persela dan Persebaya itu siap menginstruksikan anak asuhnya untuk tampil ngotot demi mengkatrol posisi tim di klasemen. Sementara Persiba masih terpuruk di peringkat delapan.

Sementara itu, panpel pertandingan sore nanti akan mencetak tiket sebanyak 23 ribu lembar. Distribusinya 21 ribu tiket ekonomi seharga Rp 20 ribu. Lalu 1500 tiket utama seharga Rp 50 ribu. Dan 500 tiket VIP seharga Rp 100 ribu.

No comments:

Post a Comment